Tempat Wisata Tugu Monas yang Menarik Perhatian

Monumen Nasional atau disebut dengan Tugu Monas Jakarta merupakan salah satu monumen yang populer untuk masyarakat Indonesia. Bahkan, tugu monas menjadi salah satu landscape yang sudah terkenal di luar negeri. Tak hanya menjadi tempat favorit untuk dikunjungi, tugu monas juga menjadi tempat wisata edukasi dan bukti sejarah Indonesia.
Tempat-wisata-tugu-monas

Tugu Monas dibangun pada masa pemerintahan Presiden RI, Ir. Soekarno, tugu monumen yang berbentuk obelisk itu dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961, dan secara resmi dibuka untuk umum tanggal 12 Juli 1975.
Pembangunan Tugu Monas diawali dengan melakukan sayembara rancangan monumen yang dilakukan tahun 1955. Sayembara ini dilakukan dan dipilih berdasarkan penilaian yang sudah ditetapkan yaitu mampu melambangkan karakter dan pribadi bangsa Indonesia, dan tugu monas mampu bertahan berabad-abad.
Ada 51 peserta yang mengikuti sayembara tersebut, hanya satu yang terpilih yaitu arsitek Frederich Silaban. Namun, Rancangan dari arsitek Frederich Silaban harus direvisi terlebih dahulu oleh Presiden Soekarno untuk memenuhi bentuk Yoni dan Lingga.
Tetapi, karena rancangan arsitek Friederich Silaban membutuhkan dana yang amat besar, dan tidak sesuai dengan keadaan ekonomi negara pada saat itu. Akhirnya, Presiden Ir. Soekarno mencari arsitek lain yaitu RM Soedarsono untuk bisa melanjutkan dan merancang Tugu Monas. RM Soedarsono secara simbolis memasukan angka 17,8 dan 45 dalam rancangannya. Hal ini melambangkan untuk proklamasi kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1961 dilakukan peletakan beton pertama.

Tempat Wisata Tugu Monas yang Menarik Perhatian

Monas tidak hanya terkenal dari sisi sejarahnya, selain itu banyak tempat wisata bersejarah dan mengandung nilai pendidikan yang layak dikunjungi bersama keluarga.

Taman Kota Hijau

Di area monumen banyak sekali lahan terbuka dan taman hijau yang tertata dengan rapi dan mempesona mata. Suasana nyaman dilengkapi dengan pepohonan yang hijau dan rindang. Tempat ini bisa dijadikan rekreasi untuk keluarga. Selain taman hijau dan suasana yang nyaman di Tugu Monas, tempat ini tersedia track jogging untuk menemani aktivias olahraga.

Karya Seni

Ada beberapa area di Tugu Monas yang mempunyai karya seni indah berupa patung, dan ada monumen yang mempunyai nilai catatan sejarah. Sebelum memasuki tugu, bisa melihat dan berkeliling terlebih dahulu untuk menikmati taman dan karya seni lainnya.

Air Mancur Menari

Keindahan lainnya dari Tugus Monas adalah pertunjukan air mancur menari, biasanya dilaksanakan pada hari Sabtu malam dan Minggu malam pada pukul 19.30 dan 20.30 WIB dengan durasi 30 menit setiap sesinya.

Relief Sejarah Indonesia

Tugus Monas diperkaya dengan nilai sejarahnya salah satunya dengan relief yang menggambarkan perjuangan dan semangat rakyat Indonesia. Pada sudut halaman di luar monumen relief ini dibuat berdasarkan kronologis sejarahnya. Dari sudut timur laut menggambarkan kejayaan Nusantara dengan relief kerajaan Singhasari dan Majapahit. Anda bisa mengelilingi dan menikmati relief yang menggambarkan masa kolonial, perlawanan bangsa, dan pahlawan nasional Indonesia.

Museum Sejarah Nasional

Di Bagian dasar monumen nasional terdapat Museum Sejarah Nasional yang memiliki kedalaman 3 meter dari permukaan tanah, luas 80x80 m persegi, dan bisa menampung hingga 500 orang, dan terdapat 51 diorama yang memperlihatkan sejarah Indonesia.

Lokasi dan Alamat Monas

Lokasinya berada di pusat Jakarta di Gambir Jakarta Pusat
Koordinat: -6.175456, 106.827035

Harga Tiket Masuk

Terdiri dari tiket masuk museum dan puncak cawan di lantai 4 dan pelataran puncak.

Tiket Masuk Museum

  • Anak-anak Rp2000
  • Pelajar Rp3000
  • Dewasa Rp5000

Tiket Masuk Pelataran Puncak

  • Anak-anak Rp2000
  • Pelajar Rp5000
  • Dewasa Rp10000

Jam Operasional

  • Buka Hari Selasa-Minggu : Pukul 08.00 s.d. 22.00 WIB.
  • Tutup Hari Senin

Jam Operasional Lift

  • Pagi dari pukul 08.00 s.d.16.00 WIB.
  • Malam dari pukul 19.00 s.d. 22.00 WIB.

Transportasi

Transportasi yang bisa digunakan dengan mudah menuju monas dengan Busway Trans Jakarta, dan bisa menggunakan alternatif lainnya seperti ojek/ojek online dan taksi.


0 Response to "Tempat Wisata Tugu Monas yang Menarik Perhatian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel